Memperbaiki Lingkungan Sekolah
Salah satu komponen krusial yang tidak bisa dilepaskan dari pendidikan adalah lingkungan sekolah. Karena sekolah baik secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi dan berlangsung di lingkungan itu sendiri. Lingkungan turut mempengaruhi output dari peserta didik. Keberhasilan proses pembelajaran didukung oleh lingkungan sekolah yang kondusif. Namun, belum adanya perhatian lebih dari para pemangku kepentingan terhadap evaluasi lingkungan sekolah merupakan hal yang cukup memprihatinkan. Pembahasan terkait perbaikan lingkungan sekolah selama ini cenderung berlangsung secara alami, berbeda halnya dengan perangkat mata pelajaran yang selalu menjadi perbincangan hangat dari masa ke masa. Padahal memperbaiki lingkungan diperlukan strategi dan penelitian mendalam agar terbentuk lingkungan sekolah yang memiliki budaya positif sesuai dengan norma sosial-religi yang berlaku di masyarakat. Baca selengkapnya di Baitul Hikmah; Jurnal Ilmiah Keislaman ( klik di sini )