RPP Praktek Adzan (Mata Pelajaran Fikih Kelas VII)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MTs
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Semster : VII/I (Ganjil)
Materi Pokok : Praktek Azan dan Shalat Berjamaah
Alokasi Waktu : 6 X 40 Menit
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
4.2. : Memraktikan azan dan iqamah
4.5. : Mendemonstrasikan tata cara shalat berjamaah
C. Indikator
4..1. : Mempraktikkan bacaan azan dan iqamah
4.5.1. : Mendemonstrasikan cara shalat berjamaah
4.5.2. : Mencontohkan cara mengingatkan imam yang lupa
4.5.3. : Mencontohkan cara menggantikan imam yang batal
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, peserta didik diharapkan:
4.2.1. : Siswa mampu mempraktikkan bacaan azan dan iqamah
4.5.1. : Siswa mampu mendemonstrasikan cara shalat berjamaah
4.5.2. : Siswa mampu mencontohkan cara mengingatkan imam yang lupa
4.5.3. : Siswa mampu mencontohkan cara menggantikan imam yang batal
E. Materi Pembelajaran
1. Praktek Azan dan iqamah
2. Demonstrasi Cara Shalat berjamaah
F. Model Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran : scientific approach
2. Strategi Pembelajaran : Sosiodrama
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrsi
G. Media pembelajaran
1. Alat : Buku Fikih, Spidol, Papan Tulis, Penghapus
2. Media : Laptop, Proyektor, PPT, video, gambar
H. Sumber pembelajaran
1. Buku Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 MTs VII. 2014. Jakarta: Kementerian Agama.
2. Al-Quran dan terjemah
3. Muh. Mu’inudinillah Basri. Panduan Shalat Lengkap. 2008. Edisi E-Book, Surakarta: Indiva Pustaka.
I. Prosedur Pembelajaran
Pertemuan III
No |
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Preparasi (pembinaan karakter literasi) Ø Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama Ø Guru memeriksa kehadiran, kerapian dan kondisi ruang kelas Ø Guru memberikan motivasi belajar kepada siswa Apersepsi (Literasi) Ø Guru menanyakan apakah siswa masih memngingat materi pembelajaran pertemuan sebelumnya Ø Guru meminta siswa menjelaskan secara ringkas materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya Motivasi Ø Guru menyampaikan pentingnya mempelajari ketentuan shalat berjamaah untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa |
10 Menit |
Inti
|
Mengamati: Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Ø Guru menjelaskan cara melakukan shalat berjamaah, ketentuan bagi makmum masbuq, cara mengingatkan imam yang lupa dan cara menggantikan imam yang batal dengan menggunakan metode ceramah dan bantuan PPT.
Menanya: Ø Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami Ø Guru meminta siswa yang lain untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh temannya Ø Guru memberikan kritikan, tambahan dan penegasan atas jawaban yang diberikan oleh siswa. Mengeksplorasi: Ø Guru meminta siswa untuk merancang naskah tentang cara azan dan iqamah serta shalat berjamaah dengan teman sekelompoknya. Mengasosiasi: Ø Guru meminta siswa untuk menganalisis hadits tentang makmum masbuq Mengkomunikasikan: Ø Guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan hasil naskah drama dengan kelompok siswa Ø Siswa menanggapi penampilan kelompok yang lain Ø Guru mengawasi proses berjalannya pembelajaran Ø Guru menanggapi hasil penampilan siswa |
55 Menit
|
Penutup |
Ø Guru memberikan refleksi terhadap materi tentang ketentuan shalat berjemaah. Ø Guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan tentang ketentuan shalat berjemaah. Ø Guru memberikan tugas yang berkaitan dengan materi ketentuan shalat berjemaah Ø Guru menjelaskan sekilas materi yang akan dipelajari pada pertemuaan berikutnya Ø Guru bersama siswa menutup pembelajaran dengan mambaca hamdalah, doa kaffaratul majelis dan salam. |
15 Menit |
J. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik |
Bentuk |
Pengamatan sikap |
Lembar pengamatan sikap dan rubric |
Tes tertulis |
Tes uraian |
Tes unjuk kerja |
mempraktikka azan dan shalat berjemaah memalui sosiodrama |
2. Contoh Instrumen Penilaian
a. Pengamatan Sikap
No |
Nama Siswa |
Jujur |
Disiplin |
Tanggung jawab |
Santun |
Peduli |
Percaya diri |
||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Rublik penilaian sikap
Rubric |
Skor |
Sama sekali tidak menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas |
1 |
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas tapi masih belum ajeng/konsisten |
2 |
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeng/konsisten |
3 |
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus menerus dan ajeng/konsisten |
4 |
3. Praktek
Mempraktikkan tata cara azan, iqamah dan shalat berjemaah
Penilaian Mempraktikkan
Ø Azan dan Iqamah
No |
Nama Siswa/Kelompok |
makhraj |
Seni |
Tertib Azan |
Sunnah Azan |
Ket |
||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø Shalat Berjamaah
No |
Nama Siswa/Kelompok |
Makhraj |
Irama |
Cara Makmum Masbuq |
Cara Mengingatkan Imam yang Lupa |
Cara Menggantikan Imam yang Batal |
Tertib Shalat Berjamaah |
Jumlah |
||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Tugas proyek
Guru meminta siswa untuk menginfestigasi azan dan iqamah serta berjamaah di lingkungan tempat tinggalnya.
5. Pengayaan
Guru meminta siswa yang telah menguasai materi pembelajaran untuk membuat tugas yang memuat tentang kesalahan-kesalahan yang sering ditemui saat shalat berjamaah
6. Remedial
Guru meminta siswa yang belum menguasai materi pembelajaran untuk membuat 5 pertanyaan beserta jawabannya di buku latihan
Pekanbaru, Oktober 2019
Kepala Madrasah Guru PAI
( ) ( )
Komentar
Posting Komentar