Takhrij Hadis tentang Mati dalam Keadaan Syirik



Laporan Takhrij Hadits
Oleh: Meta Ratna Sari (Mahasiswa UIN SUSKA Riau)

muqaddimah
Setelah mempelajari dan memahami pengertian dasar dan metode men-takhrij hadis melalui  bimbingan dan arahan dari  Ibunda Dra. Hj. Yuliharti, M.Ag. selaku dosen pengampu mata kuliah Studi Hadis. Dan berawal dari tugas mata kuliah yang diamanahkan oleh Ibu Yuliharti selaku dosen pengampu, maka saya merasa tertarik untuk mentakhrij sebuah hadits yang popular kita dengar.
Berdasarka pengertia takhrij yang saya pahami, bahwa takhrij memiliki makna mengelurkan sesuatu dari tempat aslinya. Maksudnya, takhrij hadis adalah mengeluarkan hadis dari kitab-kitab asli yang memuat hadis tersebut tanpa mengurangi hadis yang ada dalam kitab aslinya. Untuk itu diperlukan beberapa langkah yang harus dilakukan, adapun langkah-langkah tersebet adalah sebagai berikut:

1.      Penentukan Matan Hadits
Matan dari hadits yang saya kutip adalah sebagai berikut:
مَنْ مَاتَ لَا يُشْرِكُ بِا للهِ شَيْأَ دَخَلَ الجَنَّةَ, , وَ مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِا للهِ شَيْأَ دَخَلَ النَّارَ
Artinya:
 “Siapa saja yang mati dalam keadaan menyekutukan Allah dengan sesuatu maka dia masuk neraka, dan siapa saja yang mati dalam keadaan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu maka dia masuk surga,”.
Hadis ini saya kutip dari sebuah kitab yang mencantumkam H.R. Muslim pada akhir lafaznya. Dengan matan hadis yang ada kita belum mengetahui runtutan sanadnya. Namun setelah kita takhrij, maka kita akan mengetahui runtutan sanadnya, begitu juga dengan kebenaran bahwa hadis tersebut terdapat dalam kitab Shahih Muslim bahkan hadits tersebut juga dimuat dalam kitab hadits yang lainnya. selain kita mengetahui hadits tersebut berada dalam kitab Bukhori dan lainya, kita juga akan meninjau kembali runtutan sadannya dengan menggunakan kitab Tahzibu Tahzib untuk mengetahui seberapa dhobit, tsiqoh, dan ‘adil para perawi (rijal hadits) tersebut.

1.         Pelacakan Hadits melalui Kitab al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadz al-Hadits al-Nabawi
Metode pelacakan hadits yang saya gunakan untuk mengetahui hadits tersebut berada dalam kitab apa saja adalah dengan mengguakan kitab al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadz al-Hadits al-Nabawi. Adapun langkah awal yang saya lakukan adalah melalui penggalan kata-kata yang terdapat pada matan hadits yang akan ditakhrij. Untuk mencari informasi keberadaan hadits tersebut saya menggunakan kata ” شرك” . Setelah dicari dalam kitab mu’jam tersebut, ditemukanlah informasi sebagai berikut:
من مات لا يشرك با لله شيأ ( من لقى الله لا يسرك به شيأ ) دخل الجنة ,   ݥ- ايمان  ۱۵۰_۱۵۳
  زكاة  ۳۲, ٣٣,,  , علم ۴۹,  جناﺋز ۱, توعيد ۲۳ , رقاق ١۳, ۱۴, استقاض ۳, بده الحلق ٦,,     ﺇيمان  ١٨, ڼ صلاة ١, جهاد ١٨ ,, جه  ديات ١,  ٲدب ٥٨, زهد ۳٧,, حم ١, ۲۷۴,  ۴۲٥,  ۴۴۳ , ۳٨۲ ,, ۲,١۷۰ , ۳۶۲, ۴۲۶ ,, ۳, ٨۹ ,١٥۷ , ۲۴۴,۳۲٥  ,۳۴٥ ,۳٧۴ ,۳۹١ ,۳۹۶ ,, ۶, ١۴۸, ١٥۲, ۲۶۰, ۳۲۲, ۳۴٥,۳۴۶, ۴۰۴, ۴١۶,, ٥, ١۴٥, ١۴٨, ١۶۹, ١٥۲, ١٥۶, ١۶١,١۶۲⸰⸰, ١۶۶, ۲۴۰, ۲۴١, ۲۶۰, ۲٨٥,۴١۶, ۴١۹, ۴۲۲,, ۶, ۲۴, ۲۹, ۴۴۷, ۴٥۰,,  
Dari infornasi yang terdapat dalam kitab al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadz al-Hadits al-Nabawi di atas, maka kita dapat mengetahui bahwa hadis yang kita takhrij tersebar diberbagai kitab hadis. Hadits tersebur tersebar di dalam kitab Shahih Muslim, Shahih Bukhari, Sunan At-Tarmidzi, Sunan An-Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, dan Musnad Ahmad bin Hanbal.

2.      Penelusuran Kitab-Kitab Hadits
Dari sekian banyak kitab hadits yang memuat kesamaan matan hadis yang sama, dalam laporan ini saya hanya mencantumkan beberapa redaksi hadits saja, hal ini dikarenakan beberapa faktor dan pertimbangan yang penulis alami.
Adapun kendala yang saya hadapi dalam menemukan hadits yang tersebar diberbagai kitab hadits diantaranya seperti dalam kitab Shahih Muslim penulis hanya menemukan hadits yang  ditahkrij dalam bab ايمان saja. Sedangkan dalam kitab Shahih Bukhari sampai sekarang saya belum dapat melacaknya. Begitu juga dengan hadits yang tersebar dalam kitab Sunan An-Nasa’i dan Sunan Ibnu Majah saya juga belum menemukannya, hal ini disebabkan oleh kurangnya referensi yang ada. Dan sebagian dari hadis yang tersebar dalam Musnad Ahmad bin Hambal sudah penulis temukan, berhubung banyaknya hadits tang tersebar dalam Musnad Ahmad bin Hanbal, maka penulis memutuskan untuk memcantumkan beberapa hadits saja, hal ini dikarenakan hadits tersebut memiliki makna yang sama dalam kitab hadits yang sama pula. Adapun teks lengkap dari hadits-hadits yang telah penulis lacak adalah sebegai berikut:
1.     Kitab Shahih Muslim
كتاب ٳيمان ١٥۰­١٥۲:
١}.١٥۰-(۹۲)- حَدّ ثَنَا مُحَمَّدُ بْنِ عَبْدِاللهِ بْنِ نُمَيْر: حَدَّثَنَا أبِي وَ وَكِيعٌ, عن الأعْمَشِ, عَنْ شَقِيقٍ, عَنْ عَبْدُاللهِ. قَلَ وَكِيعٌ: قَلَ رَسُولَ الله ﷺ. قَالَ ابْنُ نُمَيْرِ: سَمِعْتُ رَسُول اللهِﷺ يَقُلُ: (( مَنْ مَات يُشْرِكُ بِاللهِ شيْأ دَخَلَ النَّار)) وَقُلْتُ أَنَا: وَمَنْ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيأ دَخَلَ الجَنَّةَ
[البخاري: كتاب الجناﺋز,باب في الجناﺋز..., رقم: ١١٨١ ].











رسول الله
عَبْدالله
شقيق
الأعمش

ابي                           وكيع
محمد بن عبدالله بن نمير
مسلم


۲}. ١٥١­(۹۳)­ وَ حَدَّ ثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ بْنُ أَبِي شَيْبَةِ  وَ أَبُو كُرَيْبٍ قَالا:  حَدَّ ثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ, عَنْ الأَعْمَشِ, عَنْ أبِي سُفْيَانَ, عَنْ جَبِرِ, قَالً: أتَى النَّبِيَّ ﷺ رَجُلً فَقَالً: يَا رَسُول اللهِ, مَا الْمُوجِبَتَانِ ؟ فَقَلَ: ((مَنْ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْأً دَخَلَ الجَنَّةَ, و مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْأً دَخَلَ النَّار))
النَّبِيَّ ﷺ
جابر
ابي سفيان
الأعمش
ابو معاويه
ابو بكربن ابي شيبه               ابوكريب
مسلم

۳}. ١٥۲­(۰۰۰)­ وَحَدَّ ثَنِي أبَو أَيُّوبَ الغَيْلاَنِيُّ, سُلَيْمَانُ بْنُ عَبْدُاللهِ, وَ حَجَّاجُ بْنُ
 الشَّاعِرِ, قَالاَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ المَلِكِ بْنُ عَمْرِو: حَدَّثَنَا قُرَّةُ, عَنْ أَبِي الزُبَيْرِ: حَدَّثَنَا جَابِرُ بْنُ عَبْدُاللهِ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُول اللهِ ﷺ يَقُولُ: (( مَنْ لَقِيَ اللهَ لاَ يُشْرِكُ بِهِ شَيْأَ دَخَلَ الجَنَّةَ, وَ مَنْ اَقِيَهُ يَشْرِكُ بِهِ دَخَلَ النَّارَ))
قَالَ أَبُو أَيُّوبَ: قَالَ أَبُوْ الزُبَيْرِ: عَنْ جَابِرِ.
رسول الله
جابر بن عبدالله
ابي الزبير
قرة
عبدالملك بن عمر
أبَو أَيُّوبَ الغَيْلاَنِيُّ          سُلَيْمَانُ بْنُ عَبْدُاللهِ            وَ حَجَّاجُ بْنُ الشَّاعِرِ
مسلم


2.     Kitab Sunan at-Tarmidzi
كتاب كتاب ٳيمان ١٨:
 حَدَّ ثَنَا مَحْمُوْدُ بْنُ غَيْلَانِ, حَدَّ ثَنَا اَبُو دَوُدَا, اَحْبَرَنَا شُعْبَهٌ, عَنْ حَبِبِ بْنُ اَبِي ثَا بِتْ وَ    :2653 عَبْدِالعَزِزبْنُ رُفيْعِ وَا لاَّعْمَشِ, كُلُّهُمْ سَمِعُوا زَيْدَ بْنُ وَهْبِ عَنْ اَبِي ذَ رٍ أَنَّ رَسُوْ الل هﷺ قَلَ أَ تَا نِى جِبْرَﺌِيْلُ فَبَشَّرَنِي أَنَّهُ مَنْ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْأَ دَخَلَ الجَنَّةَ. فُلْتُ: وَأِنْ سَرَقَ؟ قَالَ نَعَمْ

(قَالَ أَبُوْ عِيسَ: هَذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِحٌ
وفِي الباب عَنْ أبِي الدَّرداء.




رسول الله
ابو ذار
زَيْدَ بْنُ وَهْبِ
حَبِبِ بْنُ اَبِي ثَا بِتْ       عَبْدِالعَزِزبْنُ رُفيْع            الاَّعْمَشِ
   
شُعْبَهٌ
اَبُو دَوُدَا
مَحْمُوْدُ بْنُ غَيْلَانِ
الترمذي

3.      Kitab Musnad Ahmad bin Hanba
a.        Juz 1 no 425, 137:
  حَدَّ ثَنَا عَبْدُاللهِ, حَدَّ ثَنِي اَبِي, حَدَّ ثَنَا ابُوْ مُعَاوِيَةِ, حَدَّ ثَنَا الأِعْمَشِ عَنْ شَقِيْقِ, عَنْ عَبْدُاللهِ قَالَ: قَالَ رَسُول اللهِ ﷺ ((مَنْ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْأَ دَخَلَ الجَنَّةَ)) قَالَ (( مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْأَ دَخَلَ النَّارَ))
رس ول الله
عَبْدُاللهِ
شَقِيْقِ
الأِعْمَشِ
ابُوْ مُعَاوِيَةِ
احمد
 

b.      Juz 1 No 443, 423:
حَدَّ ثَنَا عَبْدُاللهِ, حَدَّثَنِي أبِي, حَدَّ ثَنَا وَكِيْعِ, حَدَّ ثَنَا الأِعْمَشِ, عَىْ أَبِي وَﺌِل, عَنْ عَبْدُاللهِ, قَالَ: قَالَ رَسُوْلَ كلمه احري, قَال رَسَول اللهِ ﷺ ((مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْأَ دَخَل النَّارَ)) وقلت: مَنُ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْأَ دَخَل الجَنَة
رسول الله

عَبْدُاللهِ
أَبِي وَﺌِل

الأِعْمَشِ

وَكِيْعِ

احمد
c.       Juz 3 No 342, 13567:
حَدَّ ثَنَا عَبْدَاللهِ, حَدَّ ثَنِي أَبِي, ثَنَا عَبْدالوَهَاب بْنِ عَطَاء, انا سُلَيْمَان التَيْمِي عَنْ اَنَش بْنُ مَاللك ان انَبِيﷺ قَالَ لمعَان بن حل: مَنْ لقِي اللهُ لاَ يُشْرِكُ بِهِ شَيْأَ دَخَل الجَنَةِ
انَبِيﷺ
اَنَش بْنُ مَاللك

سُلَيْمَان التَيْمِي
 عَبْدالوَهَاب بْنِ عَطَاء
احمد



d.      Juz 3 No 325, 14501

    حَدَّ ثَنَا عَبْدَاللهِ, حَدَّ ثَنِي أَبِي, ثَنَا ابُو عُبَيْدَه الحداد, حَدَّ ثَنَا هشام عَنْ اَبِي الذبير عَنْ جَابر قال: قَالَ رَسُول اللهِ ﷺ ((  مَنْ لقِي اللهُ لاَ يُشْرِكُ بِهِ شَيْأَ دَخَل الجَنَةِ وَ مَنْ مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِهِ شَيْأَ دَخَل النَّارَ))
رَسُول اللهِ ﷺ
جَابر
اَبِي الذبير
هشام
ابُو عُبَيْدَه
احمد
e.       Juz 5 No 159, 121471:

حَدَّ ثَنَا عَبْدَاللهِ, حَدَّ ثَنِي أَبِي, ثَنَا عَفَان حَدَّ ثَنَا مَهْدِي, حَدَّ ثَنَا وَصَل الأحدب
عَن مَعْرور بْنُ سوبد عَنْ ابي ذ رْ عَن النَبِي قَالَ سمعيه يَقول: (( اناني اَتَ مَن رَبِّي- عَزَّ وَجَلَّ- فَأَخْبَرني-او)) قَالَ (فبشرني) سك مهدي (( اَ نهُ هن مَات مِنْ اُمَّتِي لاَ يُشْرِكُ بِهِ شَيْأَ دَخَل الجَنَةِ)) قال ((وان زنى و ان سرق))
النَبِيﷺ
ابي ذ رْ
عَن مَعْرور بْنُ سوبد
 وَصَل الأحد ب

                                        مَهْدِي             عَفَان            احمد
 
Gabungan Pohon Sanad
رسول الله ﷺ




     انس بن مالك                     جابر                         عبدالله                           ابو ذار

ابو سفيان           شقيق    زبير بن وهب     معرور بن سوبد         ابو الزبير           سلمان التيمي                 
       
 عبدالوهاب عطاء        قرة                     الأعمش   عبدالززبن رفيع   حبب بن ثابت    وَصَل الأحد ب

عبدلملك بن عمر         ابومعاويه    ابن نمير         وكيع            شعبه             مهدي
                             محمد بن عبدالله بن نمير
                          ابوعبيده الحداد                   ابودودا
محمد بن غيلان
ابوايوب الغيلان                ابوكريب                                                                               عفان
سليمان بن عبدالله        
الترمذي
                 حجاج بن الشاعر       ابوبكربن ابي شيبة                                                                      



مسلم
    
احمد حمبل
 







3.      Analisa Sanad

Dari beberapa hadits yang telah saya telusuri dalam berbagai kitab hadits, maka saya mencoba untuk menganalisa kebersambungan sanad dengan menggunakan kitab tahzubu at tahzib. Adapu hadits yang saya analisa adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dengan redaksi sebagai berikut:

١}.١٥۰-(۹۲)- حَدّ ثَنَا مُحَمَّدُ بْنِ عَبْدِاللهِ بْنِ نُمَيْر: حَدَّثَنَا أبِي وَ وَكِيعٌ, عن الأعْمَشِ,  عَنْ شَقِيقٍ, عَنْ عَبْدُاللهِ. قَلَ وَكِيعٌ: قَلَ رَسُولَ الله ﷺ. قَالَ ابْنُ نُمَيْرِ: سَمِعْتُ رَسُول اللهِﷺ يَقُلُ: (( مَنْ مَات يُشْرِكُ بِاللهِ شيْأ دَخَلَ النَّار)) وَقُلْتُ أَنَا: وَمَنْ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيأ دَخَلَ الجَنَّة
Sanad hadits diatas dapat dilihat dengan jelas dalam bentuk tabel sebagai berikut:
Nama Periwayat
Thabaqat
رَسُول اللهِﷺ

-

عَبْدُاللهِ
1
Sahabat
شَقِيقٍ
2
Tabi’in
الأعْمَشِ
3
Tabi’it Tabi’in
وَكِيعٌ
4
Tabi’it Tabi’it Tabi’in
ابْنُ نُمَيْرِ
4
Tabi’it Tabi’it Tabi’in
مُحَمَّدُ بْنِ عَبْدِاللهِ بْنِ نُمَيْر
5
Tabi’it Tabi’it Tabi’in
مسلم
6
Tabi’it Tabi’it Tabi’in
(Mukharij Hadits)

Untuk mengetahui informasi dari masing-masing perawi tersebut, maka saya menggunakan kitab Tahzib at-Tahzib. Adapun informasi perawi yang diperoleh dari kitab Tahzib aat-Tahzib adalah sebagai berikut:

a.      Abdullah
Kitab Tahzib at-Tahzib juz ke-4 pada halaman 487 menjelaskan bahwa nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Mas’ud bin Ghafil bin Habib bin Syamkh bin Nakhzum bin Shahilah bin Kahl bin Harits bin Tamim bin Sa’di bin Hudzail bin Mudrikah bin Ilyas, Abu ‘Abdurrahman al-Hudzali. Beliau menerima hadits secara langsung dari Nabi SAW. dan juga dari para sahabat yang lain seperti  Sa’ad bin Mu’adz, Umar, Shafwan bin ‘Asal. Adapun murid-murid beliau diantaranya adalah abdurrahman, Abu Ubaidah, Jabir, Ibnu Umar, al-Hajjaj,   Abu Wa’il Syaqiq bin Salamah, dan lainnya. Nabi SAW mengatakan innaka ghulam mu’alim wa dzalika ula al-Islam.
b.      Syaqiq
Informasi yang saya dapatkan dalam kitab Tahzibu at-Tahzib pada juz 4 halaman 329-330 menjelaskan bahwa nama lengkap beliau adalah Syaqiq bin Salamah al-asdy, nama lain dari beliau adalah Abu Wa’il al-Kufiyyu. Guru-guru beliau diantaranya Abu Bakar, ‘Usman, ‘Aly, Mu’as bin Jabal, ‘Abdullah bin Mas’ud dan lainnya. Sedangkan murid-murid beliau diantaranya al-‘Amasy, manshur, Habib bin Abi Tsabat. Adapun komentar ulama tentang beliau diantaranya Ishaq bin Manshur dari abu Ma’in: tsiqah
Waqiq: tsiqah
Ibnu sa’d: tsiqah
Khalifah ibn khayath mengatakan beliau wafat tahun 82 dan Waqady mengatakan bahwa beliau wafat pada masa Khalifah Umar ibn ‘Abdul ‘Aziz.
       
c.       Al-A’masy
Kitab Tahzibu at-Tahzib pada halaman 190-197 menjelaskan bahwa nama lengkap beliau adalah Sulaiman bin Mihran bin al-Asdy al-Kahly Abu Muhammad al-Kufy al-A’masy. Para guru beliau diantaranya Anas, Zaidy ibn Wahab, Aby Wa’il (nama lain dari Saqiq, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya), Aby Umar al-Syaibany. Dan diantara muridnya bernama Hakim ibn Utbah, Zubaid al-Yamy, Abu Ishaq al-Sabi’I, Ibn Numair, Muhammad ibn Abdurrahman al-Thafawi. Pada halaman 196 dijelaskan bahwa al-A’masy adalah ahli al-Quran dan hafal hadits. Umar ibn Ali mengatakan bahwa al-A’masy dijuluki al-Mushaf  karena kejujurannya. Komentar ulama diantaranya adalah
Abu Ma’in: tsiqah
An-Nasaiy: tsiqah
Ibn Hiban: tsiqah    
          
   
d.      Ibn Numair
Keterangan tentang Ibn Numair dalam kitab Tahzib at-Tahzib pada juz 4 halaman 516 menjelaskan bahwa nama lengkap beliau adalah ‘Abdullah bin Numair al-Hamdani al-Kharifi. Beliau juga dipanggil dengan Abu Hisyam al-Kufy. Diantara guru-gurunya bernama Isma’il bin abi Khalid, al-A’masy, Yahya bin Sa’id, Hisyam bin Urwah, Abdullah bin Umar. Dan diantara para muridnya adalah anaknya Muhammad, Ahmad, Abu Khaitsamah, Yahya bin Yahya, Ali bin Madiny, Abu Musa, Ali bin Harb bin Thaiy. Komentar ulama tentangnya adalah
Wazkirah ibn Haban: tsiqat
‘Ajaly: tsiqah, sholih hadits dan shoheh sunnah
Ibn Said: tsiqah, katsir hadits dan jujur.
      

e.       Waki’
Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari kitab Tahzib at-Tahzib pada halaman 109-114, dapat disimpulkan bahwa nama lengkap dari Waki’ yang dimaksud dari sanad hadits diatas adalah Waki’ bin Jarrah bin Malih ar-Ruasy, dan dikenal juga dengan Abu Sufyan al-Kufiyyu al-Hafadz. Para guru beliau diantaranya ayahnya, Isma’il bin Abi Khalid, al-A’masy, Abdullah bin Sa’id, Abdurrahman bin Ghaily, Syu’bah dan yang lainnya. Murid-murid beliau diantaranya anaknya Syufyan, Abdurrahman bin Mahdi, Ahmad, ‘Ali, Ishaq, Hamdani (gelar dari Muhammad bin Abdullah bin Numair). Adapun komentar ulama tentang beliau diantaranya adalah:
  Basyr bin Musa dari Ahmad: al-Hafidz
Shalih bin Muhammad dari Ibnu Ma’in: Hafidz
Abu Mu’awiyah: tsiqah
Daud: al-Hafidz
Ibn Hiban: Tsiqat
Ishaq Rahaubah: Hafidz Thabi’an dan Hafidz bitaklif.
          

f.       Muhammad bin Abdullah bin Numair
Keterangan dari kitab Tahzib at-Tahzib pada juz 9 halaman 251-252 menjelaskan bahwa selain nama Muhammad bin Abdullah bin Numair al-Hamdani al-Khorifi Abu Abdurrahman al-Kufi al-Hafiz. Nama-nama guru beliau diantaranya adalah ayahnya (Ibnu Numair), Abu Mu’awiyah, Abdurrahman, Ibnu Sulaiman, Waki’, ishaq bin Sulaiman ar-Razy, Ishaq bin Mansur dan lainnya. Murid-murid beliau diantaranya bernama al-Bukhary, Muslim, Abu Daud, Ibnu Majjah, at-Tarmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya. Adapun komentar ulama tentang beliau adalah sebagai berikut:
Abu Hatim: Tsiqah
Ibnu Wadha: Tsiqah
Abu Qana’: Tsiqah
Abu Syahin: Tsiqat
     
g.      Muslim
Keterangan tentang Muslim yang tertulis dalam kitab Tahzib at-Tahzib pada halaman 150 menjelaskan bahwa nama lengkap beliau adalah Muslim bin Hajjaj bin Muslim al-Qusyairy. Beliau juga dipanggil dengan Abu Husain an-Nisamburi al-Hafidz. Dalam kitab Tahzib at-Tahzib  yang saya temukan tidak memuat nama Muhammad bin Abdullah bin Numair, hal ini dikarenakan banyaknya guru-guru beliau. Meskipun demikian, keterangan tentang hubungan guru-murid sudah jelas dalam riwayat Muhammad bin Abdullah bin Numair pada keterangan sebelumnya.
Tahzib at-Tahzib memuat nama-nama guru beliau diantaranya bernama Amad bin Yunus, Daud bin Umar, Yahya bin Yahya al-Naisanburi dan lainny. Sedangkam nama-nama murid beliau diantaranya Abu Fadhl Ahmad bin Salamah, Abu Umar al-Hafidz, Abu Umar al-Mastamly, Ibnu Khuzaimah dan lainnya.komentar ulama tentang beliau adalah:
Muslaim bin Qasim: Tsiqah
Abi Hatim: tsiqah
Beliau wafat pada 25 Rajab tahun 261 H. 
Dari keterangan yang di peroleh dari kitab Tahzib at-Tahzib dapat disimpulkan bahwa antara perawi memiliki hubungan guru-murid. Disamping itu, setiap perawi tidak memiliki cacat sehingga kuaitas sanad dapat diasumsikan sebagai hadits shahih.  
Pada hadits ini sabda Rasulullah hanya مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ sedangkan مَنْ مَاتَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ merupakan tambahan atau ucapan dari sahabat. Pada hadits riwayat Imam Ahmad bin Hambal, Rasulullah bersabda sebaliknya yaitu مَنْ مَاتَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ sedangkan مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ merupakan tambahan atau ucapan sahabat. hadits riwayat Imam Muslim yang lain menggunakan redaksi مَا الْمُوجِبَتَانِ sehingga ketika nabi ditanya beliu menjawabnya  مَنْ مَاتَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ. Disini ada indikasi bahwa nabi bersabda مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ dan diwaktu yang lain beliau juga bersabda مَنْ مَاتَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ .meskipun terdapat hadit yang ditambahkan oleh perkataan sahabat, para ulama’ masih memberikan toleransi karena motif penyisipan ini hanya bertujuan untuk penjelas dan tidak bertentangan dengan al-Quran. Adapun Ayat al-Quran yang menyatakan pelaku syirik masuk neraka salah satunya adalah Al-Bayyinah: 6
Artinya:
            “Sesungguhnya orang-orang yang kafir Yakni ahli kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk”.

Ayat al-Quran yang menyatakan orang yang tidak syirik masuk surga salah satunya adalas surah an-Nisa’: 124
Artinya:

124. “Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, Maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik

Perencanaan Pembelajaran SD/ Paket A

Kumpulan Soal Budaya Melayu Riau (BMR) Kelas VI

Hadits Tarbawi tentang Peran Orangtua dalam Pendidikan

Merdeka Belajar; Asas Trikon

Materi Sekolah Islam Gender (SIG)

Asas Trikon

Hari Anak Nasional (HAN) 2022